Jumat, 22 Juni 2012

PERBEDAAN KEPEMIMPINAN DENGAN MANAJEMEN


1.Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara kepemimpinan dengan Manajemen.
2. Apa saja pertimbangan yang perlu di pikirkan dalam memilih saluran yang tepat   untuk  penyampaian pesan ?

JAWAB

1.       Perbedaan Antara Kepemimpinan dan Manajemen

A.      Definisi Manajemen

 1.  Tiga definisi manajemen :
a. Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi denganmenggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secaraefisien dan efektif.

b. Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan organisais lewatusaha orang-orang lain.

c. Manajemen pada dasarnya merupakan suatu seni atau proses dalammenyelesaikan sesuatu yang terkait dalam pencapaian tujuan.

2.  Manajemen digunaka dalam kegiatan mengelolah kegiatan sekelompok oranguntuk mencapai tujuan dengan       efisien dan efektif.

3.  Definisi manajemen berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwa manajemenadalah suatu kegiatan usaha  kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melaluikerja sama orang lain serta dengan pemamfaatan sumber-sumber lain yangtersedia untuk itu antara lain orang, uang, materi, peralatan atau mesin, metodekerja dan pemasaran.

4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa manajemen adalahprosesnya dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama orang lain,sedangka Manajer adalah orangnya yang senantiasa memikirkan kegiatanpencapaian tujuan dimaksud.

 
B.      Definisi Kepemimpinan

1. Tiga definisi kepemimpinan (leadership) :
a. Kepemimpinan adalah keterampilan dan kemampuan seseorangmempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi,setingkat maupun yang lebih rendah dari padanya, dalam berpikir danbertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik danegosentrik berubah menjadi perilaku organizasional .

b. Kepemimpinan menyangkut sebuah proses mempengaruhi sosialdengan pengaruh yang disengaja digunakan oleh seseorang terhadaporang lain untuk menstruktur kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungandalam sebuah kelompok atau organisasi.
c. Kepemimpinan sebagai proses menggerakkan dan mempengaruhi oranglain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Cara kepemimpinan diterapkan adalah dengan menjaga integritas individusehingga mampu memancarkan pengaruh dan wibawa sedemikian rupansehingga orang lain mau melakukan apa yang dikehendaki, dengan cara atautaktik tertentu sehingga orang lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untukmencapai tujuan tertentu.

3. Definisi kepemimpinan berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwakepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk menapai tujuan yang telah ditentukan.

Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di mana pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhiperilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

2. Pertimbangannya antara lain sebagai berikut :
Proses Komunikasi
                Proses komunikasi adalah bagaimana sang komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).
                Proses Komunikasi, banyak melalui perkembangan. Pada penjelasan ini, akan dijelaskan berbagai proses komunikasi melalui model-model komunikasi itu sendiri :
1. Model Komunikasi Aristoteles
                Aristoteles menerangkan tentang model komunikasi dalam bukunya Rhetorica, bahwa setiap komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur utama :
  1. Pembicara, yaitu orang yang menyampaikan pesan
  2. Apa yang akan dibicarakan (menyangkut Pesan nya itu sendiri)
  3. Penerima, orang yang menerima pesan tersebut.
2. Model Komunikasi David K.Berlo
                Dalam model komunikasi David K.Berlo, diketahui bahwa komunikasi terdiri dari 4 Proses Utama yaitu SMRC (Source, Message, Channel, dan Receiver) lalu ditambah 3 Proses sekunder, yaitu Feedback, Efek, dan Lingkungan.
  1. Source (Sumber), Sumber adalah seseorang yang memberikan pesan atau dalam komunikasi dapat disebut sebagai komunikator. Walaupun sumber biasanya melibatkan individu, namun dalam hal ini sumberjuga melibatkan banyak individu. Misalnya, dalam organisasi, Partai, atau lembaga tertentu. Sumber juga sering dikatakan sebagai source, sender, atau encoder.
  2. Message (Pesan), pesan adalah isi dari komunikasi yang memiliki nilai dan disampaikan oleh seseorang (komunikator). Pesan bersifat menghibur, informatif, edukatif, persuasif, dan juga bisa bersifat propaganda. Pesan disampaikan melalui 2 cara, yaitu Verbal dan Nonverbal. Bisa melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi. Pesan bisa dikatakan sebagai Message, Content, atau Information
  3. Channel (Media dan saluran komunikasi), Sebuah saluran komunikasi terdiri atas 3 bagian. Lisan, Tertulis, dan Elektronik. Media disini adalah sebuah alat untuk mengirimkan pesan tersebut. Misal secara personal (komunikasi interpersonal), maka media komunikasi yang digunakan adalah panca indra atau bisa memakai media telepon, telegram, handphone, yang bersifat pribadi. Sedangkan komunikasi yang bersifat massa (komunikasi massa), dapat menggunakan media cetak (koran, suratkabar, majalah, dll) , dan media elektornik(TV, Radio). Untuk Internet, termasuk media yang fleksibel, karena bisa bersifat pribadi dan bisa bersifat massa. Karena, internet mencakup segalanya. Jika anda membuka www.kuliahkomunikasi.com < maka media ini bersifat massal, namun jika anda chattingh melalui yahoo messenger, maka media ini bersifat interpersonal, dan jika anda menuliskan Blog (blogging atau menulis diary), media ini bisa berubah menjadi media yang bersifat Intrapersonal (kepada diri sendiri).
  4. Receiver (Penerima Pesan), Penerima adalah orang yang mendapatkan pesan dari komunikator melalui media. Penerima adalah elemen yang penting dalam menjalankan sebuah proses komunikasi. Karena, penerima menjadi sasaran dari komunikasi tersebut. Penerima dapat juga disebut sebagai public, khalayak, masyarakat, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar