1.Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara
kepemimpinan dengan Manajemen.
2. Apa saja pertimbangan yang perlu di pikirkan dalam memilih saluran yang tepat untuk penyampaian pesan ?
2. Apa saja pertimbangan yang perlu di pikirkan dalam memilih saluran yang tepat untuk penyampaian pesan ?
JAWAB
1. Perbedaan Antara
Kepemimpinan dan Manajemen
A.
Definisi Manajemen
1. Tiga definisi manajemen :
a. Manajemen adalah
proses penggunaan sumber daya organisasi denganmenggunakan orang lain untuk
mencapai tujuan organisasi secaraefisien dan efektif.
b. Manajemen adalah suatu
proses pencapaian tujuan organisais lewatusaha orang-orang lain.
c. Manajemen pada
dasarnya merupakan suatu seni atau proses dalammenyelesaikan sesuatu yang
terkait dalam pencapaian tujuan.
2. Manajemen digunaka dalam
kegiatan mengelolah kegiatan sekelompok oranguntuk mencapai tujuan dengan efisien
dan efektif.
3. Definisi manajemen berdasarkan
ketiga pendapat di atas bahwa manajemenadalah suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan
melaluikerja sama orang lain serta dengan pemamfaatan sumber-sumber lain
yangtersedia untuk itu antara lain orang, uang, materi, peralatan atau mesin,
metodekerja dan pemasaran.
4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa manajemen
adalahprosesnya dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama orang
lain,sedangka Manajer adalah orangnya yang senantiasa memikirkan kegiatanpencapaian
tujuan dimaksud.
B.
Definisi Kepemimpinan
1. Tiga definisi kepemimpinan (leadership) :
a. Kepemimpinan adalah
keterampilan dan kemampuan seseorangmempengaruhi perilaku orang lain, baik yang
kedudukannya lebih tinggi,setingkat maupun yang lebih rendah dari padanya,
dalam berpikir danbertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik
danegosentrik berubah menjadi perilaku organizasional .
b. Kepemimpinan
menyangkut sebuah proses mempengaruhi sosialdengan pengaruh yang disengaja
digunakan oleh seseorang terhadaporang lain untuk menstruktur kegiatan-kegiatan
dan hubungan-hubungandalam sebuah kelompok atau organisasi.
c. Kepemimpinan sebagai
proses menggerakkan dan mempengaruhi oranglain untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
2. Cara
kepemimpinan diterapkan adalah dengan menjaga integritas individusehingga mampu
memancarkan pengaruh dan wibawa sedemikian rupansehingga orang lain mau
melakukan apa yang dikehendaki, dengan cara atautaktik tertentu sehingga orang
lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untukmencapai tujuan tertentu.
3. Definisi
kepemimpinan berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwakepemimpinan adalah
proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk menapai
tujuan yang telah ditentukan.
Perbedaan
manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saat dan di mana
pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhiperilaku orang lain
atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.
2.
Pertimbangannya antara lain sebagai berikut :
Proses Komunikasi
Proses
komunikasi adalah bagaimana sang komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya,
sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan
komunikatornya. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi
yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).
Proses Komunikasi,
banyak melalui perkembangan. Pada penjelasan ini, akan dijelaskan berbagai
proses komunikasi melalui model-model komunikasi itu sendiri :
1. Model Komunikasi Aristoteles
Aristoteles
menerangkan tentang model komunikasi dalam bukunya Rhetorica, bahwa setiap
komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur utama :
- Pembicara, yaitu orang yang menyampaikan pesan
- Apa yang akan dibicarakan (menyangkut Pesan nya itu sendiri)
- Penerima, orang yang menerima pesan tersebut.
2. Model
Komunikasi David K.Berlo
Dalam model komunikasi David
K.Berlo, diketahui bahwa komunikasi terdiri dari 4 Proses Utama yaitu SMRC
(Source, Message, Channel, dan Receiver) lalu ditambah 3 Proses sekunder, yaitu
Feedback, Efek, dan Lingkungan.
- Source (Sumber), Sumber adalah seseorang yang memberikan pesan atau dalam komunikasi dapat disebut sebagai komunikator. Walaupun sumber biasanya melibatkan individu, namun dalam hal ini sumberjuga melibatkan banyak individu. Misalnya, dalam organisasi, Partai, atau lembaga tertentu. Sumber juga sering dikatakan sebagai source, sender, atau encoder.
- Message (Pesan), pesan adalah isi dari komunikasi yang memiliki nilai dan disampaikan oleh seseorang (komunikator). Pesan bersifat menghibur, informatif, edukatif, persuasif, dan juga bisa bersifat propaganda. Pesan disampaikan melalui 2 cara, yaitu Verbal dan Nonverbal. Bisa melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi. Pesan bisa dikatakan sebagai Message, Content, atau Information
- Channel (Media dan saluran komunikasi), Sebuah saluran komunikasi terdiri atas 3 bagian. Lisan, Tertulis, dan Elektronik. Media disini adalah sebuah alat untuk mengirimkan pesan tersebut. Misal secara personal (komunikasi interpersonal), maka media komunikasi yang digunakan adalah panca indra atau bisa memakai media telepon, telegram, handphone, yang bersifat pribadi. Sedangkan komunikasi yang bersifat massa (komunikasi massa), dapat menggunakan media cetak (koran, suratkabar, majalah, dll) , dan media elektornik(TV, Radio). Untuk Internet, termasuk media yang fleksibel, karena bisa bersifat pribadi dan bisa bersifat massa. Karena, internet mencakup segalanya. Jika anda membuka www.kuliahkomunikasi.com < maka media ini bersifat massal, namun jika anda chattingh melalui yahoo messenger, maka media ini bersifat interpersonal, dan jika anda menuliskan Blog (blogging atau menulis diary), media ini bisa berubah menjadi media yang bersifat Intrapersonal (kepada diri sendiri).
- Receiver (Penerima Pesan), Penerima adalah orang yang mendapatkan pesan dari komunikator melalui media. Penerima adalah elemen yang penting dalam menjalankan sebuah proses komunikasi. Karena, penerima menjadi sasaran dari komunikasi tersebut. Penerima dapat juga disebut sebagai public, khalayak, masyarakat, dll.